GUYiTUd9GSO5TpO7TfY7BSM7TA==

Rahasia Orang Jepang Untuk Hidup Panjang dan Bahagia


WARGA LAMPUNG | BANDAR LAMPUNG Jepang adalah rumah bagi orang-orang dengan umur terpanjang di dunia. Inilah olahraga 5 menit yang mereka lakukan setiap hari

Pola makan, hubungan yang sehat, dan sikap positif merupakan faktor-faktor yang berkontribusi terhadap umur panjang, namun obat mujarab untuk panjang umur dan bahagia tidak lengkap tanpa aktivitas fisik.

Ternyata ada manfaatnya jika kita mempelajari lebih lanjut tentang cara orang yang berumur paling panjang di dunia menggerakkan tubuhnya setiap hari, seperti yang dilakukan oleh Héctor García dan Francesc Miralles.

Penulis “Ikigai: Rahasia Orang Jepang untuk Hidup Panjang dan Bahagia,” berbicara kepada lebih dari 100 orang tertua di Okinawa, Jepang, zona biru dengan konsentrasi orang berusia seratus tahun tertinggi di dunia.

García dan Miralles memahami perilaku sehari-hari para centenarian Okinawa, termasuk cara mereka menggerakkan tubuh. “Anda tidak perlu pergi ke gym selama satu jam setiap hari atau lari maraton,” tulis García dan Miralles.

“Seperti yang ditunjukkan oleh para centenarian Jepang, yang Anda perlukan hanyalah menambahkan gerakan ke dalam hari Anda.”


Hampir semua orang yang diwawancarai oleh García dan Miralles mengatakan, bahwa mereka berlatih radio taiso, sebuah latihan populer di Jepang yang telah ada selama beberapa dekade.

“Bahkan penghuni panti jompo yang kami kunjungi mendedikasikan setidaknya lima menit setiap hari untuk melakukan latihan tersebut, meskipun beberapa melakukan latihan dari kursi roda mereka,” tulis para penulis.

Rajio taisō, yang diterjemahkan menjadi “latihan radio” mendapatkan namanya karena instruksi gerakan tersebut disiarkan di radio pada tahun 1929.

Saat ini, radio taiso masih mengudara setiap hari pada pukul 06.30 di salah satu stasiun radio tertua di Jepang, NHK Radio 1, menurut situs yang didedikasikan untuk latihan tersebut.

Gerakannya berintensitas rendah, bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai hari Anda dan hanya membutuhkan waktu sekitar tiga menit untuk menyelesaikannya, kata situs tersebut.

Tujuan utama radio taiso adalah untuk “meningkatkan semangat persatuan di antara peserta,” menurut García dan Miralles. Latihan ini biasanya dilakukan dalam kelompok, termasuk di sekolah sebelum belajar dan di tempat usaha sebelum bekerja, mereka menambahkan.

“Salah satu latihan radio taiso yang paling ikonik adalah dengan mengangkat tangan di atas kepala dan kemudian menurunkannya dalam gerakan memutar,” tulis para penulis.

“Ini mungkin terlihat biasa saja, namun dalam kehidupan modern, kita bisa menghabiskan waktu berhari-hari tanpa mengangkat tangan ke atas telinga.”

Yoga dan tai chi juga merupakan praktik umum di kalangan lansia di Jepang. Namun “jika Anda tidak menyukai salah satu disiplin ilmu ini, silakan pilih praktik yang Anda sukai dan membuat Anda bergerak,” tulis García dan Miralles. (Red)

Type above and press Enter to search.