GUYiTUd9GSO5TpO7TfY7BSM7TA==

Nelayan Temukan Warga Inggris Linglung Dan Berenang Ke Tengah Laut


WARGA LAMPUNG | KARANGASEM — Seorang nelayan menemukan WNA yang tengah berenang menuju tengah laut Candidasa dekat Pulau Kambing, Candidasa, Manggis Karangasem, kemarin malam. 

WNA tanpa identitas tersebut terlihat berenang ke tengah laut tanpa alat apapun. 

Nelayan atas nama Abdullah asal Banjar Dinas Ujung Pesisi, Karangasem itu, kemudian menyelamatkan WNA berjenis kelamin pria tersebut dan dibawa kepinggir pantai Ujung. 
Sampai di sisi pantai, WNA yang mengaku bernama Sam tersebut dievakuasi ke kerumah warga terdekat. WNA yang saat ditemukan menggunakan baju singlet putih dan memakai celana pendek warna Hitam, itu sudah dalam keadaan linglung. Tak hanya itu, ia juga mengalami luka ringan di bagian pelipis kanan dan bagian kaki kiri.

Berselang 1 jam berkomunikasi WNA yang mengaku berasal dari Inggris tersebut tampak linglung dan berkelakuan aneh. Menyadari hal itu, Abdullah kemudian menghubungi pihak BAKAMLA dan BPBD untuk penanganan lebih lanjut. 

"Awalnya pihak kami, BPBD menduga korban kecelakaan di laut. Namun setibanya di lokasi, petugas Polair yang bernama Pak Gusti yang turut serta dalam penanganan kejadian meminta bantuan untuk mengantar WNA tersebut ke Kepolisian Resort (Polres) setempat guna proses lebih lanjut," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa.

Akhirnya WNA tersebut dibawa ke Polres Karangasem pada pukul 00.15 WITA tengah malam.

Kapolres Karangasem AKBP Ricko A. A. Taruna, lantas menerima WNA tersebut untuk sementara waktu diamankan. WNA tersebut diberi bantuan pakaian, makanan dan minuman. 
"Orang Asing itu belum kita ketahui Identitasnya karena masih linglung dan hilang ingatan, dan ketika diajak berbicara masih berhalusinasi dan tidak mengarah. Tadi pagi juga dia keluar masuk halaman kantor Polres juga sempat membuka tutup pintu mobil kita. Makanya sekarang kita amankan sembari menunggu pihak dari imigrasi," kata Ricko ketika dikonfirmasi, hari ini.

WNA tersebut mengaku jika pasport yang ia miliki sudah habis masa berlaku. Kapolres kemudian berkordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Karangasem, kordinasi dengan Pol PP Kabupaten Karangasem dan juga pihak Imigrasi. 

"Saat ini korban masih berada di SPKT Polres Karangasem menunggu di jemput oleh Tim dari Dinas Sosial, Pol PP dan pihak Imigrasi," ungkap Kapolres Karangasem. (Ami/bk)

Type above and press Enter to search.