GUYiTUd9GSO5TpO7TfY7BSM7TA==

Gegara Lupa Mematikan Dupa, Rumah Pasangan Lansia Ini Ludes Terbakar


WargaLampung.COM | KARANGASEM — Peristiwa kebakaran rumah terjadi pada Minggu (20/8/2023) malam di Banjar Dinas Karangsari, Desa Datah, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. 

Rumah yang terbakar merupakan milik lansia berumur 78, yakni I Ketut Karma yang tinggal hanya berdua saja bersama istrinya.

Dijelaskan Perbekel Desa Datah, I Gede Subrata pada Senin (21/8/2023) jika peristiwa tersebut terjadi ketika si pemilik tengah tertidur pulas bersama istrinya. 

"Kebakaran terjadi sekitar pukul 01.00 Wita,  saat itu pemilik rumah dan istrinya sedang tertidur lelap. Kala itu ia terbangun, tiba-tiba sudah melihat api besar  berkobar membakar sebagian rumahnya. Barulah ia berteriak minta tolong, sehingga warga datang berbondong-bondong," katanya.

Api besar telah melahap sebagian besar rumahnya, namun beruntung, kakek beserta istrinya berhasil selamat dari peristiwa tersebut.

Warga mencoba untuk membantu mematikan api dengan alat seadanya, namun malangnya, api sudah terlanjur membesar sehingga menghanguskan barang-barang seperti lemari, kasur, pakaian, KTP, Ijazah dan yang lainnya. Bahkan  surat-surat, ijazah, KTP dan yang lainnya juga ikut terbakar tanpa ada yang tersisa.

"Mereka selamat, tapi rumah beserta isinya habis tak bisa terselamatkan," tandasnya. 

Atas peristiwa itu, Kakek Karma mengalami kerugian hingga Rp.45 juta rupiah. Kakek Karma kini harus mengungsi ke rumah menantunya, karena rumah beserta isinya, termasuk pakaian korban tidak dapat dipakai lagi.

Berdasarkan keterangan dari anak korban, sebelum kejadian pemilik rumah sempat sembahyang dan lupa untuk mematikan dupa. Itu diduga sebagai pelaku pemicunya. 
"Sementara, peristiwa kebakaran ini tidak  sempat kami laporkan ke pihak Damkar untuk proses pemadamannya, tapi sudah di laporkan ke BPBD, supaya korban secepatnya dapat bantuan sehingga dapat mengurangi beban yang dialami korban," kata Subrata. (ami/bk)

 

Type above and press Enter to search.