GUYiTUd9GSO5TpO7TfY7BSM7TA==

Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni dan Satgas Karhutla Tinjau Langsung Kebakaran


WARGA LAMPUNG | PALEMBANG — Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni gerak cepat dalam menangani dan mengatasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Sumsel. 

Selain berkoordinasi langsung dengan Forkopimda, Bupati/Walikota, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan pihak terkait, juga meninjau langsung ke lokasi Karhutla bersama Tim Satuan Tugas (Satgas) Karhutla. Peninjauan dilakukan di daerah Jungkal, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

Pj Gubernur Fatoni menyampaikan, penanganan Karhutla merupakan salah satu tugas dari Menteri Dalam Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian yang harus diprioritaskan.

"Salah satu arahan Bapak Mendagri kepada saya, agar diprioritaskan penaganan Karhutla," ungkap Fatoni.

Pada peninjauan lokasi Karhutla, Pj Gubernur Fatoni antara lain didampingi oleh Komandan Resort Militer (Danrem) 044/Gapo, Brigjen TNI M Naudi Nurdika dan Komandan Lanud Sri Muloyono Herlambang, Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo.

Fatoni menyampaikan, Forkopimda dan Satgas Karhutla melakukan peninjauan langsung ke lokasi, agar bisa mengetahui persis kondisi dilapangan. Menurutnya, Satgas dan Forkopimda secara periodik mengunjungi lokasi titik kebakaran dan lokasi sekitarnya, baik melalui udara maupun langsung melalui darat.

Menurut Fatoni, keseluruhan hasil peninjauan akan dijadikan bahan untuk mengambil kebijakan terkait penanganan Karhutla di Sumsel.

"Hari ini, saya bersama Pak Danrem dan Pak Danlanud telah meninjau beberapa lokasi kebakaran, agar bisa mengetahui kondisi kebakaran lahan dan hutan. Hasil ini akan dijdikan bahan bagi kami dalam megambil kebijakan," kata Fatoni.

Sejak awal melaksanakan tugas, sebagai Pj Gubernur Sumsel, Fatoni  langsung melakukan Rapat Koordinasi dengan Forkopimda Sumatera Selatan.

mengajak jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumsel untuk membantu dirinya menuntaskan permasalahan Karhutla di wilayah ini.

Usai melakukan pantauan udara, Fatoni menyebut dirinya akan melaksanakan rapat bersama dengan mengajak  Satuan Tugas (Satgas) Karhutla yang tergabung dalam satuan TNI, Polri, Bupati, Walikota, perusahaan-perusahaan terkait dan masyarakat.

"Jam dua siang ini nanti kita akan rapat bersama seluruh tim satgas yang ada di Pemprov gabungan TNI dan Polri, kemudian nanti ada bupati, walikota, pihak-pihak perusahaan swasta yang terkait, serta masyarakat yang terkait dengan ini kita akan bahas bersama nanti pada rapat," ujarnya.

Sementara itu Komandan Lanlanud Sri Muloyono Herlambang Palembang Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo megatakan fokus titik peninjauan akan dilakukan di Daerah Jungkal yang terdapat di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

"Fokus patroli ini akan kita lakukan di daerah Jungkal, OKI (apa itu OKI? Tulis nama lengkapnya) lebih kurang delapan belas menit penerbangan dengan jarak tempuh kurang lebih 90 kilo meter," kata Sigit.

Keseriusan Fatoni menangani permasalahan Karhutla di Sumsel telah menjadi salah satu program penting bagi dirinya sebagai Pj Gubernur Sumsel, oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (rl/AS)

 

Type above and press Enter to search.