GUYiTUd9GSO5TpO7TfY7BSM7TA==

Ida Jaya: UMKM Lampung Potensi Besar Menuju Ke Kancah Internasional


WARGA LAMPUNG | BANDAR LAMPUNG Peluang pemasaran produk Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)  akan semakin luas dan terbuka, pasca pandemic Covid 19 yang telah berlalu. Ini seiring dengan makin majunya pemasaran digital yang memanfaatkan teknologi internet. Dengan adanya teknologi digital ini memungkinkan UMKM dapat tembus ke pasar nasional dan internasional dengan lebih cepat. Sehingga pada tahun 2023 dan tahun-tahun selanjutanya upaya percepatan kemajuan bagi pelaku UMKM dengan melakukan sinergi antara pemerintah, leading sektor terkait, dan masyarakat yang peduli terhadap kemajuan UMKM dapat lebih cepat terwujud. 

Demikian hal itu  diungkapkan oleh Ida Jaya ikhsan, yang merupakan calon anggota legislatif DPR RI  no urut 3  dari Partai Amanat Nasional  (PAN).

“Kita semua tahu bahwa era saat ini, produk UMKM banyak melakukan kegiatan pemasaran  secara online. Fenomena ini berawal dari masa pandemi Covid 19 yang kemudian berlanjut hingga saat ini. Hal  ini menjadi pembelajaran bahwa pemasaran berbagai produk saat ini dilakukan dengan kemajuan tekhnologi,” jelas Ida yang maju dari daerah pemilihan Lampung 2, yakni  Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Timur, Lampung Utara, Tulang Bawang, dan Way Kanan, Kabupaten Mesuji dan Tulang Bawang Barat ini.
 
Menurutnya, sangat penting bagi pelaku UMKM untuk  belajar cara belajar digital marketing.  Karena UMKM masih minim digital marketing apalagi UMKM-UMKM yang ada di daerah. Hampir rata-rata UKM masih tradisional, kecuali UMKM yang didirikan dan dijalankan oleh anak muda yang sudah memiliki pengetahuan dan keterampilan digital. 

“Dengan demikian saya memiliki tanggung jawab moral untuk memajukan UMKM di daerah pemilihan saya ini. Karena di daerah Lampung Tengah, Lampung Timur, Lampung Utara, Tulang Bawang, dan Way Kanan, Kabupaten Mesuji dan Tulang Bawang Barat ini pelaku UMKM nya masih berasal dari kalangan  usia matang,” papar Ida. 

Ida berharap, UMKM yang sudah menggunakan digital marketing nantinya akan merencanakan, disiplin dalam mengunggah konten dengan tetap memperhatikan Search Engine Optimization (SEO), salah satu cara untuk meningkatkan peringkat website/mesin pencari. 

“Pemasaran Digital ini bersifat dinamis dan terus berkembang. Namun salah satu keuntungannya dari digital marketing ini adalah semakin luasnya pasar sehingga terbuka peluang untuk menjangkau semua segmen konsumen baik dari dalam negeri bahkan hingga ke konsumen di mancanegara. Saya akan fokus ke pengembangan UMKM ini di dapil 2. Jangan sampai kita tertinggal dengan UMKM di kabupaten atau bahkan provinsi lainnya di Indonesia," pungkas Ida (Haris Munandar).

Type above and press Enter to search.