GUYiTUd9GSO5TpO7TfY7BSM7TA==

Keluarga Besar Kostrad Gelar Peringatan Tahun Baru Islam 1445 H


WARGA LAMPUNG | JAKARTA — Guna meningkatkan dan mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wata‘ala, prajurit dan PNS Markas Kostrad yang beragama Islam memperingati tahun baru islam 1445 H/2023 M, bertempat di Masjid Asy-Syuhada, Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat, pada Kamis (27/7/2023).

Dalam sambutannya, Panglima Kostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., yang dibacakan oleh Kepala Staf Kostrad (Kaskostrad) Mayor Jenderal TNI Syafrial  menyampaikan, bahwa acara memperingati tahun baru islam 1445 H/2023 M merupakan salah satu upaya untuk membina mental para prajurit dan Pegawai Negeri Sipil beserta keluarga di lingkungan satuan Kostrad.


Perlu diketahui, penetapan Tahun Baru Islam terjadi pada masa Khalifah Umar bin Khattab, Khalifah berpendapat dan menilai bahwa peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah  adalah peristiwa yang teramat penting, dimana Nabi Muhammad SAW berhijrah dengan tujuan mempertahankan dan menegakkan risalah Allah, berupa akidah dan syariat Islam dari ancaman dan penindasan kaum musyrikin Makkah.

Dengan demikian, Peristiwa ini juga sebagai pertanda pemisahan periode Makkah dengan periode Madinah, dengan demikian maka peristiwa hijrah Nabi ini ditetapkan sebagai perhitungan tahun bagi umat Islam dengan bulan Muharram sebagai bulan pertama tahun Hijriyah. 

Oleh karena itu, maka peringatan Tahun Baru Hijriyah yang kita laksanakan ini bukan hanya sekedar kegiatan seremonial belaka, tetapi lebih dari itu yakni sebagai wujud dari ungkapan rasa syukur, keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Tema peringatan tahun Baru Islam kali ini adalah Dengan Semangat Tahun Baru Islam 1445 H / 2023 M Kita Tingkatkan Takwa, Mantapkan Akhlak Mulia dan Kuatkan Persaudaraan . Tema ini mengandung makna bahwa, dengan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT niscaya akan menambah kualitas iman dan  akhlak mulia sehingga akan memperkuat nilai-nilai ukhuwah islamiyah.

Sementara itu, Drs. KH. Zaenal Murtadho dalam tausiyahnya menyampaikan, bahwa pada kesempatan yang penuh keberkahan ini, mari kita semua untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah subhanahu wata'ala, dengan senantiasa berupaya melakukan semua kewajiban dan meninggalkan semua larangannya.

Janji Allah swt, Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan. (QS. Al Ankabut: 57).

Kehidupan di alam ini hanya sementara rata-rata 60 tahun dan target kita adalah mengharapkan keberkahan dari allah swt bukan untuk mencari harta kekayaan akan tetapi mencari keberkahan allah SWT maka untuk itu perbanyak silaturahmi, harus cerdas dan bernasib baik.

Janji Allah swt, nikmat Tuhan mana lagi yang engkau dustakan utk itu dalam momentum peringatan tahun baru islam 1445 H kita manfaatkan introspeksi diri terhadap amal perbuatan yg kita lakukan selama setahun yg lalu, introspeksi diri atau mawas diri merupakan bagian yang sangat penting dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Apabila ingin menjadi negara baldatun toyyiban maka pegang empat perkara yaitu: ulama, pemimpin yang adil, doanya fakir miskin dan pengusaha yang dermawan.

Lebih lanjut Drs. KH. Zaenal Murtadho mengajak dan menghimbau kepada kita semua agar dapat mengambil hikmah dari peringatan tahun baru islam 1445 H/2023 M kali ini, yaitu pemantapan disiplin pribadi, mampu untuk selalu mengendalikan diri dan peningkatan kualitas keimanan serta ketakwaan kita kepada Allah SWT. (hms).  

 

Type above and press Enter to search.